6 Jenis Payet Mutiara Untuk Percantik Desain Kebaya

Payet mutiara adalah material kecil yang biasanya digunakan untuk menghias pakaian. Meski kebanyakan payet yang paling sering dipakai berbentuk bulat, namun sebenarnya payet juga tersedia dalam beragam bentuk lainnya, serta memiliki banyak varian warna. Payet sendiri dibuat dari berbagai bahan dasar, mulai dari logam, kristal, hingga batu permata, namun yang paling populer saat ini adalah payet mutiara yang terbuat dari bahan plastik.

 

Menurut sejarahnya, payet mutiara sudah digunakan sejak peradaban kuno di daerah Mediterania. Dahulu kala, payet disebut sebagai sikka, atau dalam bahasa Inggris sequin. Penggunaan payet mutiara bertujuan untuk menghias pakaian agar tampak mewah. Nah, karena tampilannya yang menarik, pada akhirnya banyak budaya lain yang menggunakan dekorasi payet mutiara untuk mempercantik pakaian mereka.

 

Bahkan di Indonesia sendiri payet mutiara begitu populer dan menjadi salah satu material wajib untuk mendesain berbagai jenis pakaian pengantin, mulai dari kebaya tradisional hingga gaun-gaun modern dengan tema kontemporer.

 

Nah, terdiri dari berbagai bentuk dan warna, lantas apa saja sih jenis-jenis payet mutiara yang paling sering digunakan untuk mempercantik desain kebaya? Berikut ulasannya.

 

  1. Payet Batang

Bentuknya mirip seperti tabung atau silinder dengan ukuran yang panjang. Ada juga payet batang yang memiliki ukuran lebih pendek, karenanya payet jenis ini disebut sebagai payet batang patah. Biasanya payet batang digunakan untuk membuat hiasan berbentuk sulur.

 

  1. Payet Spiral

Sekilas, payet spiral mirip seperti payet batang dengan bentuk silinder panjang. Namun jika diperhatikan secara seksama, payet jenis ini memiliki tekstur spiral. Sama seperti payet batang, payet spiral juga cocok dipakai untuk hiasan berbentuk sulur.

 

  1. Payet Pasir

Karena memiliki ukuran paling kecil, payet yang satu ini disebut sebagai payet pasir. Bentuknya bulat kecil dengan ukuran yang sangat pendek. Umumnya, payet pasir digunakan untuk mengunci payet piring. Jika disulam dengan rapat, payet pasir mampu menutupi satu bidang berpola yang bisa menghasilkan detail mewah.

 

  1. Payet Piring

Payet piring terbagi menjadi dua jenis, yaitu piring mangkuk dan piring datar. Payet piring mangkuk memiliki bentuk yang cenderung cekung, sedangkan payet piring datar memiliki bentuk datar. Payet jenis ini sangat cocok untuk dibentuk menjadi berbagai pola indah, terutama kelopak bunga.

 

  1. Payet Manik

Payet manik merupakan payet yang memiliki berbagai varian bentuk, mulai dari bulat, bulat lonjong, bulir, dan lain sebagainya. Payet manik biasanya digunakan untuk membentuk berbagai pola, mulai dari bunga, tabur, daun, dan lain sebagainya.

 

  1. Payet Bambu

Mirip seperti potongan bambu, payet bambu memiliki bentuk yang tebal dengan ukuran pendek. Payet bambu bisa dipakai untuk membuat hiasan berbentuk daun berkuran kecil atau besar, serta membuat pola garis dan sulur.

 

Itu dia beberapa jenis payet mutiara yang bisanya digunakan untuk menghias kebaya. Nah, jika Anda juga ingin membuat kebaya sendiri, Anda bisa membeli beragam jenis payet mutiara di Istana Mote. Kami menyediakan berbagai bentuk dan jenis payet atau kristal berkualitas yang dapat mempercantik desain kebaya Anda.

Other Articles
Jl. Merpati 1, Blok B no. 14
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10720
628118904745
Baron@IstanaMote.com